Persiapan Bahan dan Bumbu Ayam Kremes untuk Pemula

bumbu ayam kremes

Siapa bilang memasak sendiri aneka masakan lezat yang Anda inginkan itu sulit? Asalkan kita berlatih dan memperbanyak jam terbang, kita dapat memasak masakan dengan citarasa yang nikmat karena sudah terbiasa. Melatih feeling di dalam dapur memang bukan hal yang mudah, namun, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Bagi seorang pemula, memasak masakan rumit kerap menjadi hal yang menakutkan. Kita terbiasa berada di zona nyaman dengan memasak masakan sederhana. Yuk! Tantang diri kita untuk memasak masakan yang sulit dan lebih kompleks agar kita memiliki nyali untuk memasaknya kembali. Nah, masakan lezat yang akan kita buat kali ini adalah ayam kremes, sebelum tahu bagai mana cara memasaknya, yuk cari tahu, bahan dan bumbu ayam kremes apa saja yang perlu kita siapkan.

 

Bahan Dan Bumbu Ayam Kremes

 

Sebenarnya, bahan dan bumbu ayam kremes tidak lah sulit didapatkan. Tidak banyak juga rempah yang dibutuhkan untuk membuat masakan lezat satu ini. Adapun bahan yang harus disiapkan terbagi menjadi 2, yaitu bahan untuk memasak ayam goreng dan bahan untuk membuat kremes renyah dan gurih. Okay, tidak perlu panjang lebar lagi, berikut bahan yang harus disiapkan.

  • Bahan dan bumbu ayam goreng: ayam 1ekor dipotong-potong, daun salam 2 lembar, serai 1 batang dimemarkan, ½ butir kelapa diambil santannya, gula pasir 1 sendok teh, garam sesuai selera, bumbu halus (bawang merah 6 siung, bawang putih 4 siung, ketumbar ½ sendok makan, kunyit 1 cm, kemiri 4 butir).
  • Bahan kremes: air rebusan ayam 300 ml, tepung beras 2 sendok makan, tepung sagu 125 gr, baking powder ½ sendok teh, kuning telur 1 butir.

Nah, itu tadi bahan yang harus disiapkan untuk membuat kremes. Selanjutnya, kita bisa mulai memasak ayam. Adapun langkahnya sebagai berikut.

  • Ungkep ayam dengan santan dan semua bahan serta bumbu yang ada. Ungkep hingga ayam lunak dan bumbu meresap.
  • Goreng ayam yang sudah diungkep pada minyak yang dipanaskan pada api sedang dengan cara deep fried.
  • Membuat kremesan dengan mencampur semua bahan yang dibutuhkan, kemudian aduk rata. Selama mencampur bahan, pastikan Anda mulai memanaskan minyak.
  • Tuang adonan dengan jari tangan dengan cara berputar sehingga terbentuk serpihan kremes.
  • Angkat setelah adonan berwarna kuning keemasan.

 

Jangan lupa sajikan ayam goreng dengan taburan kremes yang sudah Anda buat. Rasa ayam goreng Anda pun akan terasa lebih istimewa. Agar Anda tidak repot, kini juga tersedia bumbu ayam kremes dalam kemasan yang cocok bagi para pemula yang ingin mencobanya. Salah satunya dikeluarkan oleh Lemonilo yang dapat Anda miliki dengan mudah.