Pulau Serangan atau Pulau Penyu

pulau penyu - nusa dua bali

Begitu banyaknya tempat travelling di Nusa Dua Bali yang salah satu nama objek wisatanya adalah Pulau Serangan atau lebih dikenal dengan Turtle Island. Lokasi dari pulau serangan ini bisa dibilang cukup terpencil dari pulau bali, yaitu tepatnya berada si sebelah selatan dari pantai sanur dengan areal wisata yang luas yaitu sekitar 73 hektar.

Disebut Turtle Island atau Pulau Penyu karena lokasi wisata ini dijadikan sebagai tempat untuk penangkaran penyu hijau. Pulau Penyu dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitarnya yang berprofesi sebagai nelayan dan pulau ini merupakan kawasan konservasi penyu, telur- telur penyu pun dijaga oleh masyarakat di rumah- rumah konservasi tradisional. Telur ini dirawat dimulai dari menetas hingga menjadi anak penyu yang siap untuk dilepaskan ke alam bebas.

Pada waktu tertentu akan ada momen yang menarik yang tidak boleh dilewatkan jika anda sedang berkunjung ke pulau ini, yaitu momen ketika proses pelepsan anak penyu dari pantai ke lautan. Anak penyu ini dikenal dengan nama lain yaitu tukik, banyak tukik yang akan dilepaskan ke laut dari pulau serangan ini. Sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi, terutama untuk wisata keluarga.

Selain melihat satwa seperti penyu, anda juga akan melihat banyak satwa lainnya, dan salah satunya adalah ular piton.

Jika anda berniat untuk mengunjungi Pulau Penyu ini maka anda dapat menjangkau lokasi wisata Puau Penyu dengan menggunakan kapal boat dari tanjung benoa, sanur atau suwung.

Ketika mengunjungi pulau ini, jangan lupa selalu membawa kamera untuk mengabadikan moment- moment berharga seperti pelepasan tukik ke pantai dan mengabadikan keindahan alamnya seperti pantai, deburan ombak, hingga sunset di pulau penyu ini. Selain terkenal dengan penyunya, pulau ini pun dikenal dengan deburan ombaknya. Jika musim penghujan tiba, maka akan memungkinkan terjadi peningkatan gelombang laut menjadi tinggi, hal ini akan terjadi sekitar bulan November hingga April.

Untuk perjalanan yang lebih menarik, maka anda dapat menggunakan salah satu alat transportasi yang akan memanjakan mata anda.

 Yaitu dengan menggunakan glass bottom boat yaitu sejenis perahu yang memiliki daya tampung sekitar 10 orang dengan lantai perahu yang tembus pandang, sehingga anda dapat melihat indahnya pemandangan bawah laut yang kian memanjakan mata anda. Glass bottom boat akan membuat anda dengan mudah untuk memandangi keindahan bawah laut tanpa harus menyelam, sehingga yang tidak bisa berenang pun tidak akan merasa rugi. Dan apabila anda berlibur dengan si kecil, maka liburan kali ini pun akan mengedukasinya dengan melihat berbagai tumbuhan laut dan binatang- binatang laut dari glass bottom boat.