Museum Pasfika, Museum Seni di Nusa Dua Bali

Museum Pasfika, Museum Seni di Nusa Dua Bali

Untuk tempat travelling di Nusa Dua Bali adalah museum Pasifika yang buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore.  Harga tiket masuk untuk ke museum ini adalah Rp 50 ribu untuk wisatawan domestic dan Rp. 70 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Museum ini masih dapat dibilang museum yang masih baru apabila dibandingkan dengan museum lain yang ada di wilayah Bali. Koleksi dari museum ini adalah karya dari seniman yang ada di wilayah Asia Pasifik. 2004 silam, nama museum ini adalah Asia Pasific Art Centre yang belum termasuk kategori museum. Dan pada tahun 2006 ini barulah diberi nama dengan Museum Pasifika.

Di museum ini terdapat 600 karya seni yag dipamerkan yang merupakan karya dari 200 seniman yang berasal dari Indonesia, Indochina Peninsula Melanesia, Pasifik dan Polinesia dan beberapa seniman dari negra lain di wilayah Asia. Yng lebih menariknya, ternyata karya seni yang dipajan di pameran ini merupakan karya seni yang paling lengkap di dunia, sehingga pada tahun 2011 meraih penghargaan Wonderful Indonesia Award 2011 untuk kategori Museum. Penghargaan tersebut dianugerahlan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada saat itu, yaitu Mari Elka Pangestu . hal ini menjadi bukti bahwa museum ini harus dilestarikan dan dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata yang difavoritkan di wilayah Nusa Dua.

Di museum Pasifika ini terdapat 11 ruangan yang banyak memamerkan hasil seni dan terdapat 8 paviliun. Tidak semua koleksi seni disini boleh di foto, melainkan setelah memasuki ruangan ke 6 dan ke 9 barulah diperbolehkan untuk mengambil beberapa foto. Ruangan di museum Pasifika ini tersusun secara rapid an berurutan.

Ketika anda merasa bosan, maka anda pun akan terobati dengan menikmati pemandangan outdor di tengah bangunan museum. Bangunan tersebut dibentuk dengan menyerupai batu pancang yang lengkap dengan pepohonan yan cukup rimbun. Disana juga terdapat café yang menyediakan berbagai minuman dan makanan ringan yang dapat anda nikmati di area outdor dari taman terbuka yang ada di museum Pasifika ini. Ruang 9 yang diijinkan untuk pengambilan foto ini merupakan ruangan dari ruang pameran koleksi museum dari banyak patung artefak yang mirip totem dari berbagai ukuran. Peralatan berburu, pakaian kayu, bekas perahu kayu dan banyak bagian dari tulang hewan. Sedangkan isi dari ruangan 10 adalah berupa pameran karya seni lukis dari Polynesia. Dan ruangan yang terakhir adalah ruangan untuk pameran tekstil dari banyak negara yang berada di wilayah Asia Pasifik, karya tekstilnya termasuk Kain Ulos dengan panjang 20 meter dan memiliki lebar 2 meter, kain ini tidak terdapat jahitan sambungan sedikitpun. Dan masih banyak lagi karya lain yang dipamerkan di useum ini dan bagi anda yang sedang berwisata maka jangan lewatkan museum ini sebagai salah satu tempat travelling di Nusa Dua Bali yang harus anda kunjungi.