Museum Geologi Bandung, Wisata Edukasi di Jawa Bawat

Museum Geologi Bandung, Wisata Edukasi di Jawa Bawat

Liburan telah tiba, untuk mengisi waktu berlibur bisa dimanfaatkan dengan cara berkunjung ke museum di indonesia yang ternyata bisa menjadi sangat menyenangkan sekaligus bisa menambah wawasan dan juga ilmu pengetahuan, museum di indonesia yang cukup populer salah satunya adalah museum geologi yang berada dibandung ini yang selalu ramai pengunjungnya, terutama pada akhir pekan. Museum ini berlokasi dijalan Dipenogoro nomor 57 kota bandung. Jika dilihat dari luar, gedung museum geologi bandung ini seperti bangunan tua yang berada di kota tua jakarta. Dengan memiliki gaya arsitektur bangunannya yang memanjang dan juga memiliki banyak jendela dengan dilengkapi pintu yang cukup besar. Menurut beberapa pengola disana, gedung museum geologi bandung ini diarsitekturi oleh artisek yang berasal dari belanda.

Ketika memasuki area museum, kita tentunya akan disambut dengan beberapa patung dinosaurus yang dapat menambah suasana bagaikan didalam film layar lebar “Night The Museum”. Pengelola museum ini pernah menyelenggarakan beragam kunjungan malam dengan memiliki tema “Night at the museum” pada tahun 2015 untuk bisa memberikan sensasi yang cukup berbeda saat berkeliling diwaktu malam hari.

Museum ini memiliki 2 lantai yang dibagi menjadi 3 tema ruangan utama adalah Sejarah kehidupan, Geologi Indonesia, serta Geologi dan juga kehidupan manusia. Museum Geologi ini memiliki berbagai macam koleksi yang tercipta dari hasil penelitian geologi seperti halnya macam-macam fosil, dan juga berbagai macam jenis batuan sampai kepada bahan-bahan mineral dan lain sebagainya. Tentu saja dengan beragam informasi yang lengkap terkait sejarah tersebut dan penyebarannya di indonesia, yang cukup menariknya untuk hati para pengunjungnya, terutama para pelajar yang mungkin tertarik untuk mempelajari ilmu geologi di perguruan tinggi.

Museum Geologi bandung ini bisa dibilang museum yang cukup modern, selain konsep tiga dimensinya,para pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai tayangan video yang cukup interaktif dengan layar yang cukup besar dari berbagai sudut museum. Suasana juga akan semakin menarik dengan beragam koleksi-koleksi museum geologi yang cukup lengkap dan juga beragam. Hal inilah yang membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama disini. Untuk para pecinta batu akik, museum geologi bandung ini juga telah menyediakan berbagai koleksi gemstone khas indonesia. Gemstone yang cukup hits dan menjadi favorit para pengunjung museum. Bahkan mesin simulasi gempa bumi tersedia untuk memanjakan pengunjung yang ingin merasakan getaran gempa.

Dengan cukup hanya membayar tiket seharga Rp.2000 untuk anak dan Rp.3000 untuk orang dewasa, kitabisa lebih bisa menambah wawasan tentang bumi seperti halnya bencana alam,pemanfaatan sumber daya alam, bagaimana caranya menglah energi. Dengan begitu kita bisa lebih cerdas dalam mencintai bumi dengan cara merawatnya untuk generasi penerus selanjutnya.