Kuliner Asli Indonesia yang Terkenal Hingga ke Mancanegara

Kuliner Asli Indonesia yang Terkenal Hingga ke Mancanegara

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya mulai dari sumber daya alam, kebudayaan, suku hingga ke kulinernya. Tak heran jika kunjungan wisatawan dari mancanegara terus meningkat dari tahun ke tahun. Kelezatan kuliner dari Indonesia pun bahkan telah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan makanan Indonesia pun berulang kali ditampilkan dalam berbagai ajang festival makanan kelas internasional. Hal ini tidak lepas dari bumbu yang dimiliki oleh setiap menu makanan Indonesia sehingga menjadikannya kaya akan rasa.

Berikut ini beberapa makanan asli dari Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara:

  • Gudeg

Makanan asli dari Jogja ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula palem. Dengan rasa manis nan lezat serta dipadukan dengan sambal krecek, telur dan ayam kampung menjadikan citarasanya semakin kaya. Namun perlu diketahui jika ada warung makan yang menjual makanan ini di Australia, tepatnya di Clayton Road, Melbourne.

  • Indomie goreng

Teman makan anak kos di akhir bulan ini juga ternyata populer di dunia dimana produk mi ini sudah diekspor ke berbagai belahan dunia. Bahkan hampir setiap supermarket yang ada di Afrika dan Timur Tengah juga menjual Indomie ini.

  • Tempe

Makanan berbahan dasar kedelai ini memang kaya akan protein. Selain harganya murah, tempe juga bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan. Di luar negeri, tepatnya di London, ada Warung Tempeh yang menjual tempe dan memiliki banyak penggemar.

  • Sate

Potongan daging yang ditusuk dan kemudian dibakar ini juga ternyata memiliki banyak penggemar. Bahkan di New York, terdapat beberapa restoran yang menjual sate ayam untuk menu andalan.

  • Nasi padang

Siapa yang bisa menolak pesona dari nasi padang? Saking lezatnya nasi padang, seorang turis asal Norwegian bahkan menciptakan lagu yang berjudul “Nasi Padang”

Itulah beberapa makanan asli dari Indonesia yang amat terkenal hingga ke luar negara. Makanan Indonesia memang lezat dan selalu dicintai. Untuk itu sebagai warga Indonesia, Kita seharusnya lebih bangga dan berusaha melestarikan kuliner asli Indonesia.