Inilah 4 Museum Unik Yang Ada di Indonesia

museum andrea hirata

Ketika sedang berlibur atau mengunjungi suatu daerah pasti yang dituju adalah kawasan wisata atau pusat perbelanjaan dan haya segelintir yang mencari dan berniat mengunjungi Museum di daerah tersebut. Pada saaat ini Museum menjadi tempat asing bagi segelintir orang karena kebanyakan kesan Museum di mata masyarakat itu kuno, membosankan,suram dan lain lain. Sehingga kenapa Museum -museum sekarang seringkali sepi pengunjung. Karena kurang minatnya masyarakat atau anak anak muda generasi penerus bangsa berkunjung ke museum. Padahal Museum merupakan lokasi yang tepat untuk dituju ketika seseorang ingin menyelami kebudayaan dan sejarah suatu daerah.

Pada saat ini ada beberapa Museum di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi Karena tempatnya yang modern tetapi tidak menghilangkan kesan sejarah di dalamnya. Bahkan menyediakan suasana yang amat menyenangkan. Empat dari sekian banyak Museum tersebut diantaranya :

Museum Seni Agung Rai,Ubud, Bali.

Mewakili jiwa Seni para Seniman di Bali. Dikenal sebagai Museum Seni terbaik di Indonesia, Museum ini diresmikan pada tahun 1996. Menyimpan banyak koleksi Lukisan hasil karya para pelukis kenamaan. Baik pelukis dari dalam Negri maupun Luar Negeri. Museum ini juga merupakan pusat visualisasi dan seni pertunjukan. Memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk menikmati pameran permanen dan temporer karya barbagai seniman, pertunjukan teater, tarian, music,kelas melukis, took buku, ruang baca, perpustakaan, bengkel budaya, program pelatihan dan seminar.

Museum Anak Kolong Tangga, Yogyakarta.

Didirikan oleh seniman Belgia di Taman Budaya Yogyakarta. Museum ini menyimpan koleksi mainan anak-anak dan permainan tradisional yang berjumlah sekitar 3000 mainan anak-anak dari seluruh Dunia, dari masa ke masa. Tujuan didirikannya museum ini yakni untuk mengangkat dan memperkenalkan fungsi dari mainan dan permainan tradisional sebagai bagian dari kehiduapan anak sehari-hari.

Museum Kanker Indonesia, Surabaya.

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB ini terdapat koleksi sekitar 30 jaringan kanker yang menyerang organ tubuh. Masing masing organ tubuh yang terserang kanker dapat disimpan di dalam toples kaca berisi cairan formalin.

Merupakan museum kanker pertama di Indonesia yang berdiri tahun 2013. Terletak di jalan Kayun 16-18 Surabaya dan disebut sebagai museum pendidikan bagi masyarakat yang rentan terhadap kanker. Museum ini terbuka bagi para pelajar yang ingin mengetahui bahaya kanker.

Museum Kata Andrea Hirata, Pulau Belitung.

Didirikan pada tahun 2010 oleh seorang novelis asal Pulau Belitung, Andrea Hirata. Museum yang berlokasi di jalan Laskar Pelangi 10 Gantong, Pulau Belitung, ini menjadi museum literature pertama di Indonesia. Tak hanya mendapatkan kunjungan dari warga Indonesia saja, Karena keunikannya, setiap minggunya museum ini di datangi oleh pengunjung dari seluruh Dunia. Jam operasional museum kata di buka setiap hari mulai jam 10.00 hingga 17.00.