Beragam Minuman Tradisional Yang Mengandung Banyak Khasiat

Beragam Minuman Tradisional Yang Mengandung Banyak KhasiatSebagai negara yang kaya akan beragam rempah-rempah, Indonesia menjadi negara yang banyak menghasilkan berbagai menu kuliner yang bermanfaat untuk tubuh. Diantara berbagai kuliner yang ada yaitu dengan adanya minuman tradisional yang keberadaannya masih tetap eksis walaupun di tengah-tengah banyaknya minuman asing yang ada. Minuman tradisionalpun selalu mendapatkan tempat istimewa di hati para penikmatnya karena selain memiliki rasa yang khas beragam khasiat bisa didapatkan dari meminumnya.

Dari berbagai minuman tradisional yang ada di Indonesia, berikut ini kami sajikan beberapa diantaranya yang mungkin ingin anda coba untuk menikmatinya.

  1. Bandrek. Minyman yang satu ini adalah minuman yang berasal dari tanah Sunda atau Jawa Barat. Bandrek terbuat dari beragam rempah yang banyak seperti jahe, cengkeh, serai, susu, kelapa muda, daun pandan wangi, dan yang lainnya. Dengan beragam bahan tersebut minuman tradisional ini bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu dalam memberikan rasa hangat, meringankan masuk angin, mengatasi pegal linu, dan juga mengatasi batuk. Bagi anak-anak bandrek juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan.
  2. Susu Telur Madu Jahe (STMJ). Dilihat dari namnya pasti sudah bisa menebak bahan yang diperlukan dalam membuat minuman ini. Minuman yang berasal dari campuran susu, telur bebek atau ayam, madu, dan jahe bermanfaat dalam meningkatkan stamina tubuh dan mampu mengembalikan kondisi tubuh yang kurang sehat. Minuman ini juga mudah untuk mendapatkannya karena biasanya tersedia disetiap daerah.
  3. Minuman Bir Pletok. Walaupun namanya ada kata bir jangan disangka ini adalah  minuman yang diharamkan oleh agama, karena sebenarnya minuman ini justru tidak ada kandungan alkoholnya. Minuman tradisional asal betawi ini terbuat dari bahan tradisional seperti gula merah, jahe, gula pasir, cabai, kapol, berbagai jenis akar-akaran, dan juga sari bunga selasih. Saat anda mengkonsumsi minuman ini maka ras pedasnya akan terasa kuat namun selanjutnya akan memberikan rasa hangat pada tubuh. Selain itu bir pletok ini juga berkhasiat dalam melancarkan darah, meringankan gejala migrain, mengatasi masuk angin, dan juga susah tidur.