Resep Rendang Ayam Suwir Lezat

rendang ayam

Tidak diragukan lagi bila rendang telah menjadi salah satu makanan paling lezat sejagad raya. Memang cita rasa makanan yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Bila biasanya rendang terbuat dari daging sapi, bagaimana rasanya bila rendang diganti dengan daging ayam, ya. Menggunakan daging ayam maupun daging sapi tentu saja tidak akan mengurangi tingkat kelezatan redang. Berikut ini ada resep rendang ayam suwir yang bisa anda coba di rumah untuk keluarga tercinta.

Bahan:
½ kilo daging ayam
2 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk purut
2 buah cabai merahn besar, iris panjang
Garam, gula merah sesuai selera
Penyedap rasa Royco secukupnya
50 gram kelapa yang diparut kasar dan disangrai
400 ml santan kental dari 1 butir kelapa
Minyak untuk menumis

Bumbu halus:
5 cabai merah besar
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 butir kemiri yang sudah disangrai
½ sendok teh ketumbar/ bisa menggunakan ketumbar halus
2 cm jahe
1 cm kunyit yang sudah dibakar.

Cara membuat:
Pertama, tumis bumbu halus dengan serai, daun kunyit, dna daun jeruk sampai matang dan mengeluarkan bau harum. Pastikan bumbu benar-benar matang karena bila belum matang akan memberikan rasa yang kurang sedap. Setelah bumbu matang, masukkan ayam dan aduk hingga ayam berubah warna. Kemudian tambahkan garam, cabai merah yang diiris panjang, royco, dan gula merah lalu aduk merata. Setelah rata, tuang santan sedikit demi sedikit. Aduk perlahan hingga asam matang. Angkat ayam yang sudah matang dan suwir-suwir sesuai ukuran yang kamu sukai. Kemudian masak lagi ayam yang sudah disuwir dengan bumbu dan tambahkan kelapa parut yang telah disangrai. Aduk terus hingga rata dengan api kecil hingga rendang ayam suwir kering.

Rendang memang makanan yang sangat khas di Indonesia dan biasanya disajikan ketika acara-acara spesial atau ketika hari besar seperti lebaran. Nah, bila anda ingin menghidangkan sesuatu yang lain untuk acara istimewa anda, tidak ada salahnya untuk mencoba resep rendang ayam suwir diatas.

Anda sudah lapar? cepat sajikan rendang ayam suwir.