Membuat Panekuk dengan Resep Pancake Sederhana

resep pancake sederhana

Kue merupakan salah satu makanan ringan yang menjadi favorit bagi sebagian besar orang. Kue dibagi mnejadi dua yaitu kue kering dan kue basah. Salah satu jenis kue basah yang menjadi favorit bagi banyak orang terutama yang tinggal di luar negeri yaitu panekuk atau kue pancake. Kue basah yang memiliki resep pancake dasar terigu, telur ayam, susu dan gula tersebut dapat dipadukan dengan toping madu atau coklat.

Sebelum Anda melakukan cara membuat pancake, terdapat bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. bahan-bahan tersebut yaitu:

  • Tepung terigu 10 gr
  • Susu cair 250 ml
  • 1 butir telur yang kuning dan putihnya dipisah
  • Garam
  • Blueband cake & cookies
  • Coklat atau sirup atau es krim untuk topping.

Langkah untuk membuat pancake yaitu:

  1. Buat adonan pertama yaitu dengan mencampur tepung terigu, kuning telur, garam secukupnya, susu dan aduk hingga merata. Anda dapat menggunakan mixer kecepatan rendah atau dengan menggunakan spatula kayu atau ballon whisk.
  2. Secara terpisah, kocok kuning telur hingga kaku dengan menggunakan garpu atau dengan ballon whisk.
  3. Masukkan adonan pertama di kocokan putih telur. Aduk hingga merata. Agar dapat tercampur merata, Anda dapat mencampur sedikit adonan telur putih di adonan 1 sebelum diaduk dan adonan 1 dipindahkan ke adonan putih telur.
  4. Panaskan teflon dan olesi dengan Blueband cake & cookies.
  5. Gunakan api kecil lalu tuang adonan tersebut sekitar 2,5 sendok sayur. Tutup.
  6. Balik adonan hingga terdapat pori sedikit dan bagian pinggirnya yang mengeras.
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Beri sirup mapple, ice cream atau madu atau coklat leleh.
  9. Sajikan ketika hangat.

Agar panekuk yang dibuat berdasarkan pada resep pancake tersebut lebih enak, Anda dapat menggunakan buttermilk. Jika Anda ingin mendapatkan rasa yang lebih manis untuk pancake yang dibuat, Anda dapat menambahkan 1 sdm gula pasir dan kemudian diaduk bersamaan dengan adonan 1. Agar menjadi lebih menarik, Anda dapat menggunakan cetakan dan memberikan toping yang bervariasi.