Resep Nasi Kuning Tumpeng Mini Enak, Gurih & Praktis

resep nasi kuning

Tumpeng atau nasi kuning kini dapat disantap kapan pun tanpa harus menunggu berbagai hari istimewa atau resmi saja. Dengan kecanggihan peralatan elektronik seperti rice cooker atau magic com yang dapat juga digunakan sebagai penanak nasi, kini setiap orang dapat membuat resep nasi kuning dengan cara yang sangat mudah dan praktis. Namun bagi sebagian orang di berbagai daerah ada juga yang masih menggunakan cara tradisional dalam pembuatannya agar citarasanya masih khas dan tetap terjaga. Andapun saat ini dapat mencoba untuk memasak kuliner tersebut dalam ukuran yang kecil untuk di santap sendiri atau pun berdua bersama pasangan, biasa disebut juga tumpeng mini. Bagi yang penasaran berikut akan saya paparkan cara pembuatannya dan juga bahan yang diperlukan:

Bahan-Bahan Tumpeng mini:

  1.    Beras 800 gram
  2.    Air santan instan 1 sachet
  3.    Beras ketan 200 gram
  4.    Serai 2 batang
  5.    Air jeruk nipis 1 sendok makan
  6.    Kunyit 1 sendok makan dihaluskan
  7.    Garam 2 sendok makan
  8.    Daun pandan 1 lembar
  9.    Daun salam 4 lembar

Cara Pembuatan Resep Nasi Kuning Tumpeng Mini:

1 . Cucilah terlebih dahulu kedua jenis beras dan bahan lainnya. Kukuslah beras putih dan beras ketan yang telah dicuci tersebut. Langkah selanjutnya, sambil menunggu pengukusan nasi yang dalam tahap proses, kemudian anda campurkan santan serta kunyit. Setelah itu saringlah ampas dari kunyit tersebut lalu buang. Selanjutnya masaklah santan dan kemudian tambahkan daun pandan, serai, daun salam agar lebih wangi lalu masaklah sampai santan tersebut mendidih.

2 . Tahap selanjutnya, masukanlah beras yang masih panas ke dalam santan tadi, setelah itu aduklah sampai merata dan biarkan sampai santan tersebut terserap sampai habis. Setelah selesai, nasi tersebut akan menjadi aron atau setengah matang, kemudian masukanlah air jeruk nipis lalu aduk rata kembali.

3 . Langkah terakhir, kukus aron atau nasi kuning yang masih setengah matang tersebut kurang lebih sekitar 20 menit sampai nasinya berasa empuk. Lalu setelah selesai angkatlah dan masukan pada cetakan tumpeng yang lancip dengan beralaskan daun pisang serta di olesi oleh minyak sayur.

4 . Tumpeng mini siap disantap. Dapat juga dengan menggunakan pelengkap lainnya seperti abon, telur, tahu, tempe dan daging ayam.