Mengetahui Keunikan dan Kelezatan Bumbu Soto Kemiri dari Pati

Mengetahui Keunikan dan Kelezatan Bumbu Soto Kemiri dari Pati – Bumbu soto ayam dan juga kandungan rempahnya yang digunakan sangat beragam, tapi di Pati ada 1 soto yang mempunyai nama sesuai dengan bumbu yang menjadi dominannya yaitu kemir, maka dari itu dinamakan soto kemiri. Kenapa disebut soto kemiri? Karena soto kemiri dibuat sebagai pengganti ayam, yang apada mulanya masyarakat pati tidak mampu membeli ayam. Tapi sekarang ini setelah mampu menambahkan ayam ke dalam makanan itu, nama soto kemiri tidak berubah sampai sekarang.

Mengetahui Keunikan dan Kelezatan Bumbu Soto Kemiri dari Pati

Keunikan soto kemiri tidak hanya terlihat dari penggunaan kemiri dalam jumlah banyak tapi juga telihat dari jenis santan yang digunakan tidak kental seperti soto yang menggunakan santan lainnya. Hal ini mungkin karena cara penyajiannya yang unik. Nasi, daging ayam, tauge dan bahan soto lainnya disiram dengan kuah kaldu soto kemiri, kemudian setelah itu kuah kembali dituangkan ke dalam kuali. Proses ini dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan rasa gurih dari soto ini.

Selain kemiri sebagai bahan utama soto ini, ada juga bahan soto lainnya yang ditambahkan seperti bawang putih, bawang merah, kencur dan kunyit. Kemiri disangrai terlebih dahulu agar mengeluarkan aroma yang semakin kuat, kemudian setelah itu dicampurkan dengan bumbu-bumbu tersebut. untuk merasakan soto kemiri ini, anda tidak perlu datang ke pati hanya untuk sekedar mencicipinya, sekarang ini sudah banyak pedagang yang menjual soto seperti ini atau bahkan dia orang Pati yang merantau dan berjualan soto kemiri.

Baca juga : Resep Sayur Asem

Dari kenikmatan yang diberikan oleh soto ini, ternyata cara untuk membuatnya sangatlah mudah yaitu bumbu yang sudah disebutkan tinggal dihaluskan kemudian tumis bersama daun salam hingga aromanya haru. Setelah aromanya tercium harum, tinggal langsung dimasukan ke dalam rebusan ayam. Untuk menambahkan kelezatan soto ini bisa menambahkan bumbu yang lainnya. setelah ayam yang direbus matang, kemudian tinggal tiriskan dan selanjutnya suwir dagingnya. Setelah itu tinggal dimasukan kembali bersama bahan soto yang lainnya, masukan santan kemudian tinggal dimasak sampai matang. Setelah anda mengetahui bagaimana cara membuatnya, mungkin anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.