Cara Mudah Membuat Nasi Goreng Jawa Pedas Spesial

nasi goreng

Nasi goreng spesial khas Jawa bisa menjadi makanan sederhana yang cocok dihidangkan saat makan malam bersama keluarga. Makanan khas ini sangat digemari hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Karena cara membuatnya mudah dan bumbunya mudah didapatkan.

Bumbu-bumbu yang diperlukan antara lain bawang merah sebanyak 3 siung,  cabai merah 2 buah, cabai rawit sesuai selera, bawang putih setengah siung, ketumbar setengah sendok teh, garam setengah sendok teh, gula pasir setengah sendok teh, terasi matang setengah sendok teh. Sedangkan bahan-bahan yang harus disiapkan adalah  1 piring nasi putih (banyaknya nasi sesuaikan dengan porsi), udang sebanyak 50 gram, kecap manis 1 sendok makan, minyak goreng 2 sendok makan, kerupuk dan telur dadar yang telah diiris.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghaluskan bumbu seperti garam, gula pasir, terasi, ketumbar, bawang putih, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit. Kemudian panaskan minyak goreng.  Setelah panas, masukan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium bau harum. Lalu tambahkan kecap manis dan air secukupnya sampai berbuih. Masukan udang dan aduk hingga warna udang berubah. Kemudian  tambahkan sepiring nasi dan aduk bersama bumbu hingga merata. Tekan sedikit agar nasi tidak menggumpal. Agar semakin terasa lezat, berikan royco. Setelah rata dan meresap bumbunya, matikan kompor dan nasi goreng jawa spesial siap dihidangkan. Tambahkan telur dadar yang sudah diiris dan kerupuk udang.