Resep Sayur Asem

Resep sayur asem memang sangat cocok jika dihidangkan saat makan siang. Disaat cuaca sedang panas panasnya, semangkuk sayur asem dengan kuah beningnya bisa membantu menurunkan suhu tubuh yang gerah akibat cuaca panas. Anda tertarik untuk bisa membuatnya sendiri di rumah? Berikut kami berikan resepnya untuk anda.

Resep Sayur Asem

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mempraktikkan resep sayur asem adalah menyiapkan bahan bahannya. Siapkan satu ikat kacang panjang segar atau bisa juga menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga anda di rumah. Kemudian siapkan juga kecambah kedelai, beberapa butir tomat, asam jawa, dan belimbing wuluh.

Baca juga : Membuat Nasi Goreng Merah Sehat

Setelah semua bahan terkumpul, kemudian potong kacang panjang seukuran dua ruas jari. Bersihkan juga kecambah kedelai, tomat, asam jawa dan belimbing wuluh. Masukkan semua bahan ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Rebus bahan sampai agak sedikit layu.

Setelah bahan agak layu, tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk perlahan sampai semua bahan benar benar layu. Lalu angkat dan sajikan dalam mangkok ukuran sedang. Sajikan dengan sambal terasi sebagai pelengkap atau sesuai selera.

Nah, cukup mudah bukan resep sayur asem yang kami bagikan? Selain mudah dipraktikkan, resep ini juga murah meriah. Artinya, anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk bisa membuatnya. Kendati demikian, resep sederhana ini tetap sarat akan nutrisi, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan menu sehat untuk keluarga anda.