Diet Rendah Garam Untuk Penderita Hipertensi

diet rendah garam

Makanan yang Dilarang untuk Diet Rendah Garam

Diet rendah garam merupakan salah satu hal yang dapat Anda lakukan apabila Anda adalah salah seorang dari penderita hipertensi. Dalam prakteknya diet yang dilakukan dengan bentuk ini memang dirasa lebih sulit dari pada diet rendah gula karena mengingat suatu masakan memang semuanya mengandung garam alami. Secara garis besar Anda juga bisa menghindari beberapa makanan yang mengandung garam tinggi seperti makanan yang diawetkan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat Anda hindari atau minimal batasi dalam rangka mensukseskan program diet makanan rendah garam diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Beberapa sumber karbohidrat seperti biscuit, kue, roti dan soda.
  • Beberapa sumber dari makanan yang berasal dari hewani seperti sarden, jeroan, keju, daging asap, otak, lidah dan lain sebagainya.
  • Beberapa sumber dari protein nabati seperti kacang-kacangan, pidakas, dan semua bahan yang diolah dengan menggunakan garam..
  • Beberapa sumber buah dan sayur tetapi yang telah diawetkan seperti asinan dan acar.
  • MSG, kecap, terasi dan juga petis.

Beberapa bahan makanan tersebut mungkin Anda bisa makan tetapi harus ingat dalam rangka menjalankan program diet rendah garam maka Anda juga sebaiknya menghindari. Bagi Anda yang menyukai kecap, mungkin kurang nikmat rasanya jika menggoreng telur tanpa ditemani kecap. Sebagai salah satu alternative Anda juga dapat mengkonsumsi kecap keluaran dari produk Tropicana slim yang rendah garam.

 

Menu Makanan Diet Rendah Garam

Bagi beberapa orang yang sedang gencar saat ini untuk melaksanakan salah satu program diet rendah garam mungkin akan mengalami beberapa kebingungan akan makanan apa saja yang pantas yang pantas untuk mereka makan, mengingat semua masakan pasti membutuhkan garam sebagai salah satu pembentuk rasa dari makanan tersebut.

Bagi Anda yang ingin melangsungkan diet makanan rendah garam maka berikut ini adalah beberapa menu yang dapat Anda pilih sebagai salah satu alternative, diantaranya adalah :

  • Untuk menu sarapan Anda bisa menyediakan bubur, nasi atau nasi tim dengan pepes ayam, capjay dan juga teh manis.
  • Sedangkan untuk menu makan siang Anda bisa menyiapkan nasi tim, bubur atau nasi dengan telur dadar, tempe goreng, sayur bayam dan jeruk.
  • Untuk makan malam Anda bisa mencoba nasi dengan dilengkapi ikan goreng, tahu, tumisan kacang panjang dan juga buah papaya.

Jika ternyata hal ini kurang membuat Anda merasa kenyang maka Anda juga bisa menyediakan cemilan berupa bubur kacang hijau dalam keadaan yang panas atau juga dingin. Tetapi yang perlu Anda ingat tentu saja bahwa Anda tetap harus mengurangi takaran garam pada makanan tersebut untuk melancarkan program diet rendah garam. Sebagai alternative Anda juga dapat menggunakan kecap dari produk Tropicana slim yang memiliki kandungan garam yang rendah.