3 Cara Menyimpan Kol untuk Kualitas Gado-Gado

gado-gado

Ketika ingin menyajikan masakan gado-gado untuk keluarga pastinya ibu di rumah sudah menyiapkan segala jenis sayuran yang familiar dalam menu ini. Secara umum menu jenis ini tidak terlepas dari penggunaan sayuran berupa kol yang sebenarnya kaya akan manfaat. Kol memang memiliki beberapa jenis, ada yang berwarna putih kehijauan dan berwarna ungu muda hingga tua. Kol sendiri akan lebih bermanfaat bagi tubuh apabila disantap dalam keadaan mentah.

Bagi ibu yang sedang ingin berkreasi dengan menu salad khas Indonesia ini perlu tahu cara menyimpan kol dengan baik agar tidak mudah rusak dan tetap bernutrisi. Berikut caranya untuk dicoba:

  1. Sebelum disimpan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu, kandungan air dalam lembaran kol bisa membuatnya cepat membusuk.
  2. Potong kol sesuai ukuran yang diinginkan, sebab bagian paling bawah dari kol utuh akan membuat kol mudah rusak dan membusuk.
  3. Simpan di dalam kantong plastik dan dimasukkan ke dalam bagian kulkas khusus sayuran.

Sayur kol sama sifatnya dengan sayuran lain, yakni mudah sekali rusak apabila tidak langsung diolah dan dikonsumsi. Penyimpanan yang benar mampu mempertahankan kualitas penampilan dan nutrisi di dalam sayuran satu ini. Namun, cara menyimpan yang benar ini akan membuat kol aman dikonsumsi selama satu minggu saja. Jika sudah lebih maka sebaiknya membeli kol lagi untuk menjaga kualitas rasa dan gizi gado-gado yang dibuat.