Mencoba Resep Opor Ayam Nan Istimewa

resep opor ayam

Opor ayam identik dengan perayaan Idul Fitri. Saat perayaan inilah, opor ayam nampaknya menjadi menu wajib yang disajikan bersama lontong dan sambal goreng kentang. Biasanya ibu yang tak mau repot meminta tolog untuk dimasakkan oleh saudara. Namun, ada baiknya kita mencoba membuatnya sendiri. Ternyata membuatnya tak sulit. Resep opor ayam juga dapat dicari melalui internet.

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 ekor ayam atau daging sapi yang telah bersih lalu dipotong, santan 1000 ml, 1 batang sereh yang telah dimemarkan, garam 1 sdt, salam 2 lembar, gula pasir 1 sdt, dan penyedap rasa secukupnya.

Kita juga harus menyiapkan bumbu halusnya. Haluskan 8 bawang merah, 6 bawang putih, 5 buah kemiri yang telah disangrai, 1 sdt ketumbar, 2 cm kunyit yang telah dibakar sebelumnya.

Setelah semuanya siap, panaskan minyak goring, lalu tumislah bumbu halus hingga harum beserta daun salam dan laos. Masukkan santan beserta ayam/daging dan bumbu penyedap, garam, dan gula. Masak hingga daging/ ayam matang. Sajikan selagi hangat dengan taburan bawang goreng dan nikmati dengan nasi hangat.

opor ayam

Bagaimana bunda. Mudah bukan membuat resep opor ayam. Tak ada salahnya lho mencoba. Bunda juga bisa berkreasi dengan menambahkan telur rebus pada opor atau ditambahkan tahu. Nasi putih juga dapat diganti menggunakan lontong. Menggunakan lontong ataupun nasi, keduanya sama-sama pas untuk disnatap bersama opor hangat.