Bahaya mengkonsumsi daging berlebih !

Di Indonesia makanan yang mengandung banyak lemak adalah makanan yang paling banyak disenangi. Sebut saja daging sapi dan daging kambing. Masakan dengan bahan utama daging memang sangat famiiar dan menjadi khas nusantara. Beberapa contoh masakan yang menggunakan daging sapi atau daging kambing antara lain seperti satai, rendang, sop buntut, sop kambing, dan lain-lainnya. Dan beberapa masakan tersebut memang sangat banyak yang suka.

Dari segi kesehatan, memang daging hewan seperti daging sapi memiliki kandungan gizi yang sangat banyak terutama protein dan lemak hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Apalagi jika anda memiliki anak yang lagi dalam masa pertumbuhan. Protein ini akan menjadi zat pembangun dan menjaga keutuhan tubuh serta dapat mengganti sel-sel yang mengalami kerusakan. Selain itu juga lemak yang terkandung dalam daging berguna sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Memang jika dilihat dari kandungannya dapat dikatakan sangat bagus untuk tubuh, namun percayalah bahwa ada baiknya membatasi jumlah daging yang dikonsumsi. Karena jika mengkonsimsi daging terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan saluran cerna, terutama penyakit GERD atau gastroesophageal reflux disease.

Penyakit GERD merupakan penyakit yang sering timbul di masyarakat akibat kesalahan gaya hidup. Penyakit ini terjadi karena adanya aliran balik isi lambung termasuk asam lambung ke kerongkongan.  Dengan memakan daging berlebihan seperti menyantap hidangan rendang secara berlebihann dapat menyebabkan pengosongan lambung menjadi lambat dan adanya gangguan pada klep sehingga isi lambung tadi akan berbalik arah ke kerongkongan.

Nah itulah bahaya dari memakan daging berlebihan. Namun selama daging yang disantap dalam jumlah yang tepat, tentunya bukan membayakan namun sebaliknya dapat memberikan anda gizi yang baik untuk tubuh. Seperti halnya menyantap daging rendang secukupnya karena masakan ini biasanya sudah banyak sekali mengandung lemak yang berasal dari campuran bahan lainnya.

Untuk tips agar menyantap makanan daging bumbu rendang agar lebih nikmat dan tak berlebihan anda bisa menambahkan kecap bango, karena dengan menggunakan kecap bango, makanan yang anda santap akan menjadi lebih nikmat berkali-kali tipat. Semoga bermanfaat.