Kuliner Indonesia bersama Bango: Resep Iga Bakar

resep masakan iga bakar yang lezat

Bagi anda pencinta kuliner Indonesia maka anda harus mencoba masakan yang satu ini. Berbahan dasar iga kambing dengan dipadukan dengan lezatnya kecap bango akan membuat selera makan anda meningkat. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep masakan yang sangat nikmat yaitu iga bakar.

Bahan – bahan yang diperlukan sangat mudah anda dapatkan di pasar ataupun toko terdekat. Bahan – bahan tersebut antara lain :

250 gram iga kambing. Namun jika anda inginkan hanya daging kambing bisa juga diganti iga kambing ini.

5 siung bawang putih, diulek hingga halus.

5 cm kunyit, dikupas hingga bersih lalu ulek hingga halus.

1,5 liter air mineral

2 sendok makan minyak samin

2 tomat merah, diiris dengan ukuran yang besar – besar.

5 rawit merah, diiris hingga halus.

10 bawang merah diiris hingga halus.

Lada putih secukupnya

Garam secukupnya

Dan yang terakhir adalah kecap bango untuk melengkapi dan menambah nikmatnya rasa daging dan iga kaming.

Untuk cara membuatnya cukup mudah. Pertama, bersihkan iga dan potong 2/3 ruas iga saja agar lebih cepat matang dan juga merata. Lalu setelah dipotong masukkan iga ke dalam panci untuk di rebus bersama dengan bawang putih dan kunyit halus. Tambahkan sedikit garam agar rasa tetap gurih. Tunggu kurang lebih 1 jam agar iga yang direbus terasa empuk. Setelah empuk maka anda perlu mendinginkan sejenak iga tersebut dengan mengeluarkan iga dari panci rebusan. Setelah direbus, bakar inga hingga berwarna kecoklatan dengan menggunakan teflon atau wajan datar. Lalu panaskan minyak samin diatas wajan. Masukkan irisan cabe, tomat, dan juga bawang merah ke dalam wajan. Campurkan iga ke dalam wajan, lalu aduk merata. Tambahkan kecap bango dan sedikit lada putih. Tinggal di aduk merata, lalu angkat dan sajikan di meja makan anda. Untuk rasa tentunya akan sangat nikmat karena resep masakan ini menggunakan kecap bango. Semoga bermanfaat.