Rendang: Masakan Indonesia Yang Luar Biasa

rendang kuliner indonesia yang mendunia

Resep masakan Indonesia yang paling menarik bagi saya adalah rendang. Masakan asal minang ini sudah begitu ternama bahkan dinobatkan sebagai salah satu kuliner khas yang terlezat di dunia. Tapi lebih dari sekedar cita rasa bagi saya resep masakan ini dibuat dengan kesungguhan, karena membuat rendang bukan masalah satu atau dua jam tapi bahkan bisa hingga sepuluh jam. Berbagai macam bumbu dimasukan untuk menambha cita rasa. Dan jika anda berkesempatan berkeliling ke Sumara Barat asal dari makanan rendang itu sebenarnya, maka setiap daerah memiliki cita rasa rendang yang berbeda. Namun yang luar biasa dan sungguh tidak bisa saya lupakan adalah setiap rendang yang berbeda itu tidak ada yang tidak enak. Justru sebaliknya sungguh sangat lezat.

Rendang sudah menjadi identitas bukan saja bagi masyarakat Minangkabau tapi juga bagi masyarakat Indonesia. Karena itu rendang sejatinya telah menjadi resep masakan Indonesia. Sebuah kekayan kuliner Nusantara yang membanggakan. Konon hampir di setiap negara pasti ada yang menjual masakan Padang, dan tentu saja salah satu andalannya adalah rendang.

Selain kebanggan hal lain yang menjadi rendang begitu menarik adalah sejarahnya mengapa rendang itu dibuat. Hal ini tidak lain karena adat budaya Minangkabau yang menganjurkan para lelaki untuk merantau. Dalam masa perantauan itu biasanya orang tua membekali para perantau dengan rendang. Karena masakan ini dapat tahan cukup lama hingga berbulan-bulan meski tanpa ada lemari pendingin.