Menikmati Makanan Sedap Di Bangka

Bangka Belitung kini menjadi salah satu lokasi tujuan wisata favorit di Sumatera. Kepopuleran Bangka Belitung boleh jadi terdongkrak oleh buku dan film Laskar Pelangi yang memang booming. Namun demikian, masyarakat Indonesia dan dunia mengakui keindahan alam yang ditawarkan oleh Bangka Belitung. Tentu Bangka Belitung tidak hanya memiliki berbagai tempat indah yang membuat Anda takjub begitu mengunjunginya karena Bangka Belitung khususnya Bangka dikenal akan makanannya yang menggugah cita rasa. Anda mungkin sudah cukup akrab dengan mie Bangka atau martabak Bangka yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Makanan tersebut memang mempunyai rasa yang sedap, tetapi masih ada banyak makanan lain di Bangka khususnya di Pangkal Pinang yang mampu menggoyang lidah Anda.

Untuk menikmati makanan sedap di Bangka, Anda bisa mencoba mengunjungi beberapa tempat makan enak di Pangkal Pinang dan salah satunya adalah Restoran Anggrek yang berlokasi di Jalan Mayor Syafrie Rachman. Salah satu menu favorit yang ditawarkan oleh restoran ini adalah Es Anggrek yang dibuat dengan resep turun temurun pemilik restoran. Anda akan menikmati es lembut dengan sirup lezat buatan sendiri dan kacang merah dengan rasa gurih manis. Greeng Lesehan di Jalan Ahmad Yani juga tidak boleh Anda lewatkan apalagi jika Anda memang mencari makanan khas daerah ini. Anda akan dimanjakan dengan beragam masakan rumahan termasuk rusip yang merupakan produk fermentasi ikan, lempah darat berisi sayuran termasuk akar keladi, dan lempah kuning isi ikan dengan cita rasa gurih asam.

Selain itu, masih ada tempat makan enak di Pangkal Pinang tepatnya di Jalan Bali yang tak boleh dilewatkan, yaitu Mie Koba. Mie dengan kuah coklat ini mempunyai rasa laut yang kental karena menggunakan kaldu seafood sebagai bahan utama. Anda tak boleh melewatkan makanan yang satu ini karena terbukti makanan inilah yang membuat orang Bangka kangen ketika dalam perantauan. Di Jalan Jendral Sudirman, Anda bisa menemukan Otak Otak Kon Kim yang menyajikan menu otak otak dengan rasa yang sangat lezat karena bahan utamanya adalah ikan. Otak otak ikan ini berpadu sempurna dengan dua pilihan saus, yaitu saus tauco tang berwarna merah dan saus kacang yang berwarna coklat.

Bangka dikenal dengan hasil lautnya karena ada banyak pantai yang tersebar di sekeliling pulau. Nah, Anda bisa berkunjung ke tempat makan enak di Pangkal Pinang yang khusus menyajikan masakan laut seperti di Grand Parai yang menjadi lokasi tepat untuk sekedar menikmati ikan tengiri bakar dengan pemandangan Pantai Parai yang indah. Selain itu, Anda juga mencoba menu sedap yang ditawarkan oleh Resto Istana Laut. Di Pasar Pagi Pangkal Pinang, Anda bisa menemukan jajanan lezat dan kuliner enak untuk cemilan pagi hari dan bekal perjalanan keliling Bangka.