Tumis dari Sawi

Tumis Sawi

Tumis Sawi

Tumis sawi merupakan salah satu makanan favorit yang dihidangkan sebagai menu keluarga. Ibu saya mempunyai cara tersendiri memasaknya. Sehingga setiap kali Ibu saya memasaknya, masakan tersebut langsung ludes. Pesan ibu saya dalam memasak adalah jangan menggunakan vetsin. Lebih baik gunakan gula dan garam sebagai pengganti vetsin. Dan sebungkus Royco sebagai penyedap masakan.

Bawang putih, bawang merah, bawang bombai, daun salam, laos, cabe gendot dan tomat adalah bumbu dasar yang harus ada di setiap makanan yang dimasak dengan cara tumis. Ibu saya selalu menambahkan ebi asli atau udang Cirebon yang kecil-kecil ke dalam tumisan sebagai penyedap rasa. Kaldu alami yang dihasilkan dari udang menambahkan cita rasa luar biasa ke dalam masakan. Sehingga itulah yang membuat tumis sawi ibu saya berbeda. Sebagai pelengkap juga, kita bisa menambahkan irisan bakso ke dalam masakan.

Cara memasaknya pun cukup mudah. Setelah semua bahan disiapkan baik ada yang diiris atau digeprek, panaskan minyak di atas wajan. Lalu masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. Setelah agak harum, lalu masukkan daun salam, laos, ebi udang, garam, gula, bubuk lada putih, dan sebungkus Royco. Setelah memasukkan bahan-bahan tersebut, lalu masukkan sawi dan irisan bakso jika menggunakan bakso. Tunggu sampai setengah matang, baru masukkan irisan cabe gendot dan tomat.