Mie Ongklok

Mie Ongklok

Kota Wonosobo memang dikenal dengan Dataran Tinggi Dieng yang memiliki keindahan panorama alam mengagumkan. Terletak di kaki Gunung Sindoro Sumbing, lokasi ini memang memiliki suhu udara yang lebih sejuk. Tapi siapa sangka selain pemandangan yang indah, tempat ini juga menyimpan kekayaan kuliner yang patut untuk dicicipi para pelancong. Kuliner Mie Ongklok merupakan salah satu primadona warga Kota Wonosobo. Seperti namanya, Mie Ongklok adalah makanan yang berbahan dasar mie dengan tambahan beragam sayur didalamnya. Mie Ongklok memang terasa pas dilidah terlebih saat dinikmati dalam kondisi dingin seperti di kota Wonosobo ini.

Nama Mie Ongklok ternyata bukan tanpa alasan. Nama tersebut didasarkan pada proses memasaknya yang di ongklok-ongklok yakni diaduk dengan cara dilempar-lempar ke atas menggunakan wadah. Isi wadah tersebut akan dihambur keatas kemudian terkumpul lagi tanpa ada yang tumpah atau berhamburan. Proses ini tentu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki keahlian tersendiri. Pada dasarnya mengolah kuliner ini tidaklah sulit karena hampir sama dengan proses pembuatan mi ayam. Mie kuning dengan irisan kucai dan kubis direbus dan diongklok-ongklok dalam sebuah wadah.

Jika mie dan sayuran telah layu, campuran dituang ke dalam mangkuk dan diberi bumbu serta kuah kental berwarna coklat. Kuah tersebut merupakan campuran adonan bawang merah, bawang putih, tepung tapioka serta ebi. Untuk menambah cita rasa, mie tersebut ditambah sambal kacang dan juga bawang goreng. Menikmati mie ongklok biasanya akan ditemani dengan sambal ulek dan sate sapi. Campuran keduanya akan menciptakan cita rasa yang nikmat dan tentunya menggugah selera.

Rasa gurih yang berasal dari kuah kaldu menyatu nikmat dengan mie yang kenyal. Sensasi kriuk dari kucai dan kubis juga menambah nikmat kuliner ini. Tidak lupa sate sapi yang juga turut mendampingi mie ongklok menjadi penyempurna atas kelezatan kuliner ini. Meskipun berbahan dasar sederhana, mie ongklok telah menjadi kebanggan masyarakat kota Wonosobo. Rasanya yang nikmat semakin membuat kuliner enak ini selalu menjadi sajian yang pas ditengah cuaca dingin yang menyelimuti Kota Wonosobo.