Gohu Ikan Atau Sering Disebut Sashimi Ala Maluku

Gohu Ikan

Mencintai Indonesia sudah tentu mencintai alam Indonesia yang membentang luas dari tanah Aceh hingga Papua. Tapi, mencintai Indonesia belum lengkap jika belum mencicipi sajian kuliner asli garapan Ibu Pertiwi. Tiap wilayah Indonesia memiliki kuliner yang pastinya berbeda dari wilayah lainnya seperti Gohu Ikan atau sering disebut Sashimi ala Maluku. Gohu ikan merupakan kuliner yang sudah tersohor namanya di Ternate. Tak berbeda jauh dengan Sashimi, Goku Ikan merupakan sajian ikan tuna mentah yang dioleskan dengan saus khas di atasnya. Gohu Ikan merupakan kuliner yang harus Anda coba ketika mengunjungi Ternate.

Apabila ingin mencoba kuliner ini, Anda dilarang untuk menyebutnya secara sepenggal seperti “gohu” atau “ikan” saja. Gohu dalam penyebutannya di Maluku memiliki arti tersendiri yaitu rujak asinan papaya muda yang juga menjadi kuliner khas daerah Ternate, Maluku. Penyebutan secara lengkap sangat dianjurkan untuk mengurangi kesalahpahaman makna ketika di Ternate. Gohu Ikan dari Ternate, Maluku, memiliki bahan dasar ikan tuna dan ikan cakalang. Ikan cakalang dapat menjadi bahan dasar Gohu Ikan apabila musim Tuna belum tiba atau sudah berakhir. Cara pembuatannya pun cukup unik.

Mula-mula, daging tuna segar dipotong kecil-kecil menyerupai dadu atau berbentuk pipih. Setelah dipotong kecil-kecil, daging tuna ini dicuci dan diberi taburan garam dan perasan lemon cui. Setelah itu, daging tuna juga perlu dicampur dengan rajangan kasar daun kemangi agar menambah aroma yang membuat hidung terpesona. Anda juga perlu menyiapkan bawang merah dan cabe rawit yang kemudian dirajang kasar. Setelah dirajang, tumis kedua bahan tersebut dengan minyak kelapa.

Campuran bahan ini kemudian dituangkan pada daging tuna yang telah dibumbui serta taburan kacang tanah goreng yang telah ditumbuk kasar. Setelah selesai, Anda bisa menikmati Gohu Ikan dari Maluku yang benar-benar membuat lidah kepincut. Rasa ikan dan bumbu khasnya begitu terasa ketika lidah mengicip sausnya. Kuliner ini semakin membuat tanah Ternate di Maluku ini menjadi surganya pecinta kuliner enak. Pada masyarakat Maluku, sajian Gohu Ikan ini sering menjadi lauk pendamping nasi atau bubur dari sagu.