Es Pala Bogor

es pala bogor

Bogor tidak hanya memiliki banyak makanan tradisional yang lezat. Kota hujan ini juga mempunyai minuman khas yang tidak boleh untuk dilewatkan. Minuman ini adalah Es Pala Bogor. Konon, minuman es pala ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Kesegaran minuman ini sangat disukai oleh para penjajah Belanda. Bahan dan cara pembuatannya yang mudah membuat minuman ini cukup terkenal di kalangan masyarakat setempat. Minuman tradisional khas Bogor ini terbuat dari buah pala yang diiris – iris, gula pasir, dan ditambah dengan sedikit garam. Semua bahan-bahan tersebut direbus dan kemudian ditambah es batu sebelum disajikan. Karena bahan utama dari minuman ini adalah buah pala segar, maka minuman ini juga mempunyai aroma yang harum.

Tidak hanya itu saja, sari buahnya juga sangat segar sehingga minuman ini sangat cocok jika diminum saat cuaca sedang panas. Es pala khas Bogor ini tidak hanya mampu melepas dahaga tetapi juga menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan. Buah pala yang menjadi bahan utama minuman ini dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Pala yang memiliki nama ilmiah Mrystica fragrans ini telah dipercaya sejak dulu sebagai obat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi insomia, mengatasi mual, dan mengatasi nyeri saat datang bulan. Selain itu, buah yang banyak dijumpai di Maluku ini juga biasa digunakan untuk menyedapkan masakan.

Dengan kemajuan teknologi yang ada seperti sekarang ini, es pala Bogor pun diproduksi secara modern. Banyak es pala siap saji dapat dijumpai dengan mudah di berbagai supermarket. Walaupun demikian, Anda masih tetap mampu menikmati kesegaran asli dari minuman khas Bogor ini yang dibuat dengan cara tradisional. Jika ingin mencobanya, salah satu tempat yang menjual es pala ini adalah Es Mangga dan Pala Aming yang ada di Jl Suryakencana. Tempat ini menyediakan es pala dengan rasa yang alami karena dibuat tanpa menggunakan pewarna ataupun pemanis buatan. Selama ini Jalan Suryakencana memang diketahui sebagai salah satu tempat wisata kuliner terkenal di Bogor. Untuk mencoba kesegaran es pala di tempat tersebut,

Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Jika datang dari Jakarta, ikuti saja Jalan Tol Jagorawi. Begitu keluar dari tol, Anda dapat belok kanan menuju ke Jalan Pajajaran. Setelah itu belok kanan arah Jalan Otto Iskandardinata setelah berjalan sejauh 400 m. Anda tinggal mengikuti jalan itu sampai memasuki kawasan Jalan Ir H Juanda. Selanjutnya belok kanan arah Jalan Surya Kencana. Selain dapat menikmati  es pala Bogor, di sana Anda juga dapat menjumpai berbagai kuliner enak khas Bogor. Anda dapat mencoba geco atau taoge goreng dan soto kuning. Jangan lupa juga untuk membeli roti unyil yang merupakan oleh – oleh khas Bogor.