Wedang Angsle

wedang angsle

Pernahkah Anda mendengar jajanan angsle? Bagi masyarakat Jawa Timur, kuliner sedap ini sudah tidak asing lagi. Wedang angsle atau sering disebut angsle merupakan sajian kuliner Indonesia yang bentuknya menyerupai kolak. Dahulu penjual angsle berkeliling kampung pada malam hari saja, mengingat kuliner ini memang sangat pas disajikan malam hari, namun sekarang banyak inovasi pedangang sehingga penjualan ansgle tidak hanya malam hari saja. Angsle terbuat dari bahan-bahan yang sederhana namun unik, seperti petulo, beras ketan, kacang hijau, roti, mutiara, daun pandan dan jahe, adapula yang mencampurkan kacang tanah untuk menambah selera.

Dari bahan-bahan tersebut memang sangat pas jika disantap saat malam hari atau ketika musim hujan. Paduan isinya yang dicampur dengan santan panas, sangat cocok untuk menambah stamina tubuh dari cuaca dingin sekaligus penunda rasa lapar. Semua bahan angsle yang mengandung gizi ini dicampurkan dalam satu mangkok, tentunya semua sudah melewati proses pemasakan terlebih dahulu, seperti kacang hijau , mutiara, dan petulo yang butuh proses untuk mematangkannya. Kuah yang digunakan dari santan alami yang sudah tercampur dengan gula serta jahe, penyajiannya saat panas sehingga pas sekali angsle dijadikan makanan pendamping saat musim hujan.

Kuliner asli Indonesia ini memang belum banyak tersebar di pelosok negeri sehingga beberapa daerah saja yang kerap mudah dijumpai jajanan ini. Indonesia memang sangat banyak mempunyai sajian kuliner khas nya yang tak tertandingi jika dilihat dari sudut makin banyaknya makanan-makanan luar negeri siap saji. Angsle pun sudah ada sejak era atau masa kakek nenek kita, sehingga agar kuliner ini tidak termakan waktu sampai hilang, generasi muda yang peduli akan kuliner khas Indonesia perlu melestarikannya, tidak hanya dengan berbisnis melainkan menikmati semangkuk angsle pun Anda sudah menjaga kelestarian serta keberadaan kuliner asli kita.

Mantap bukan sajian angsle saat malam atau musim hujan, bagi Anda yang gemar berwisata kuliner enak maka jangan lewatkan untuk menikmati kehangatan angsle. Sajikan dengan keluarga atau kerabat Anda agar kehangatannya makin terasa. Lestari selalu kuliner Indonesia, dan berbanggalah kita memiliki banyak kekhasan dalam hal makanan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>