Opor Ayam Istimewa Untuk Lebaran

Cara membuat opor ayam

Opor Ayam

Cara membuat opor ayam menjadi pertanyaan banyak orang ketika akhir bulan puasa akan menjelang. Opor ayam memang selalu identik dengan makanan lebaran dan juga selalu menjadi menu andalan selain ketupat, lontong sayur dan nasi kuning. Di keluarga saya sendiri, opor ayam sudah seperti menu wajib yang harus selalu ada setiap perayaan lebaran diadakan. Tak heran bila kemudian para anggota keluarga pun jadi benar-benar tahu dan mulai belajar bagaimana cara membuat menu opor yang paling enak. Secara turun temurun ibu telah mengajari kami bagaimana memasak menu lebaran lezat, dalam hal ini adalah opor ayam.

Cara membuat opor ayam pun cukup mudah. Anda tinggal mempersiapkan satu ekor ayam dan 1 Butir kelapa. Untuk bumbu halusnya persiapkan 10 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 ruas laos, 2 lembar daun salam, 5 butir kemiri, 1 batang sereh, 1 1/2 sdm ketumbar, 1/2 sdm gula merah, 1/2 sdm jinten serta garam dan lada.

Pertama, bersihkan dulu daging ayam dan potong menjadi beberapa bagian. Untuk kelapa, parut dan ambil santannya yang kental. Semua bumbu-bumbu halus seperti bawang merah, daun salam sampai ketumbar harus dimasukkan ke dalam kuah santan yang kental. Begitu sudah dimasak hingga mendidih, segera masukkan potongan daging ayam ke dalam kuah santan. Tambahkan santan cair dan penyedap rasa secukupnya. Rebuslah hingga daging menjadi matang dan aroma harum khas opor ayam mulai tercium. Segera angkat dan sajikan ke hadapan seluruh anggota keluarga. Dijamin, perayaan lebaran akan menjadi lebih istimewa dengan sajian opor ayam lezat dan gurih tersebut.