Memasak Sop Buntut Goreng

resep sop buntut

Sop Buntut Goreng

Resep sop buntut mungkin menjadi salah satu yang dicari-cari para penggemar kuliner. Sop buntut yang gurih, dengan kuah yang segar, dan daging yang empuk, pastinya menjadi idaman semua orang. Terutama jika anda sedang berada di kawasan yang sejuk, makan sop buntut memang merupakan salah satu solusi yang paling baik untuk menghangatkan tubuh anda.

Berikut ini adalah resep sop buntut goreng yang bisa disajikan untuk tiga orang yang bisa anda lakukan di rumah. Sebagai permulaan, anda harus menyediakan 500 gram buntut sapi, 1 liter air, 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, 1 sendok teh garam, 2 cm jahe yang sudah dimemarkan, 1 sendok teh merica, minyak.

Setelah itu, siapkan juga bumbu halus berupa 8 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 3 cm jahe yang sudah dimemarkan, 2 sendok teh garam, 1 liter air kaldu sapi, 1/2 biji pala, 1 1/2 sendok teh merica, 2 buah kentang yang sudah dipotong, 1 buah wortel yang sudah diiris, 1 buah tomat yang sudah dipotong, irisan halus 1 batang daun seledri, dan irisan halus 1 daun bawang.

Apabila bahan-bahan tersebut sudah siap, lakukan tahapan berikut ini. Pertama, rebus buntut sapi di dalam air yang sudah dimasukkan garam, bawang putih, merica, dan jahe. Biarkan sampai buntut sapi empuk, kemudian angkat dan tiriskan. Setelah itu, gorenglah buntut sapi tersebut, kemudian angkat dan sisihkan.

Untuk bumbunya, tumis bumbu halus sampai terasa harum. Setelah matang, angkatlah bumbu tersebut dan dilanjutkan dengan memasukkan bumbu tumis ke dalam satu liter air kaldu yang mendidih. Masukkan bumbu halus, jahe, pala, merica, kentang, serta wortel, dan masak hingga semuanya matang. Jangan lupa untuk memasukkan tomat sesaat sebelum sop diangkat. Jika terasa sudah cukup matang, angkat lalu tuangkan sop ke dalam mangkuk dan lengkapi dengan taburan seledri serta daun bawang.

Sop buntut goreng pun siap disajikan.