Kuliner Makanan Khas Jepang

Salah satu ciri atau kebudayaan suatu negara tidak hanya dilihat dari beragam kesenian, bahasa, atau pakaian khas, tetapi juga termasuk makanan. Setiap negara pasti memilikimakanan khas yang tentunya akan sulit ditemukan di negara lain. Salah satu negara yang memiliki ciri khas dalam makanannya adalah Jepang. Makanan Jepang memang terkenal sangat unik dan sudah terkenal di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri sudah banyak restoran atau rumah makan yang khusus menyajikan makanan Jepang. Jadi bila Anda belum pernah ke Jepang dan ingin merasakan makanan khas negeri sakura itu, Anda tidak perlu cemas dan bisa menikmati masakan tersebut kapan saja. Bila Anda penasaran dengan macam-macam masakan Jepang, berikut ini adalah beberapa kuliner makanan khas Jepang yang patut untuk Anda ketahui.

  • Onigiri

Makanan Jepang yang satu ini sangat sederhana, hanya terbuat dari nasi khusus (jenis Japonica yang berkanji tinggi) dan digumpalkan hingga padat saat masih hangat. Saat memadatkan nasi, umumnya tangan sudah dibubuhi garam sehingga onigiri terasa gurih. Penyajian onigiri biasanya bersama nori (lembaran rumput laut kering)

  • Sushi

Nama makanan Jepang yang satu ini mungkin tidak asing di telinga Anda. Sushi adalah makanan berupa nasi yang kemudian dibentuk dengan lauk. Lauk sushi umumnya adalah hasil laut (ikan, cumi, gurita, dll), daging, ataupun dengan sayuran.Hal yang unik adalah lauk-lauk tersebut umumnya disajikan dalam keadaan mentah dan dimakan bersama cuka khusus yang dibubuhi garam dan gula.

  • Tempura

Nama tempura pastinya juga bukan nama makanan asing di Indonesia. Makanan Jepang yang satu ini berupa makanan laut seperti ikan atau udang yang dicelupkan dalam adonan tepung khusus dan kemudian digoreng. Tak hanya makanan laut, tempura juga bisa dibuat dari sayuran.

  • Sashimi

Sashimi adalah makanan Jepang yang hampir serupa dengan salad, karena penyajian makanan ini benar-benar masih dalam keadaan mentah dan tentunya masih segar.  Umumnya berisi irisan panjang konnyaku, lobak, rumput laut, atau sayuran yang lain. Setelah itu diberi lauk berupa daging (sapi, ayam, atau kuda) dan juga ikan (biasanya ikan fugu/ikan buntal), dan semua lauk ini disajikan dalam keadaan mentah.

  • Masakan nabe

Masakan nabe adalah masakan Jepang yang dihidangkan di dalam panci, sedangkan panci tersebut diletakkan di atas sebuah kompor kecil agar masakan tetap tersaji dalam keadaan hangat. Masakan nabe ini bermacam-macam, salah satu contohnya adalah sukiyaki yang terdiri dari irisan daging ayam, sayuran, jamur, konnyaku, dan juga tahu.

  • Mie

Salah satu makanan Jepang yang memiliki beberapa jenis adalah mie.

  1. Udon: terbuat dari tepung terigu dan berbentuk besar/tebal.
  2. Soba: terbuat dari tepung buckwheat dengan bentuk yang sedikit lebh kecil dari mie udon.
  3. Somen: terbuat dari tepung terigu, berbentuk tipis dan agak lebar. Orang-orang biasanya menjual somen dalam bentuk kering seperti lidi.

Tak hanya masakan, Jepang pun memiliki kue khas yang patut untuk diketahui. Berikut adalah beberapa nama kue khas Jepang.

  • Mochi

Makanan Jepang yang satu ini terbuat dari tepung beras ketan yang dihaluskan dengan bahan lain dan dibentuk bulat-bulat. Biasanya dimakan ketika ada perayaan tertentu di Jepang.

  • Dango

Hampir mirip dengan kue mochi, terbuat dari tepung beras lalu dibentuk bulat-bulat dan dikukus atau direbus hingga matang. Kue ini biasanya ditusuk seperti sate sebanyak 3 atau 5 buah.

  • Takoyaki

Makanan Jepang yang satu ini juga berbentuk bulatan dari tepung terigu yang di dalamnya berisi potongan daging gurita atau cumi-cumi. Takoyaki biasanya disajikan dengan saus okonomiyaki yang terbuat dari larutan tepung dicampur dengan telur, kol dan juga makanan laut.

  • Dorayaki

Kue Jepang ini terbuat dari tepung dan selai kacang merah. Bentuknya bulat dan agak pipih, terdiri atas 2 bagian yang di tengahnya berisi selai kacang merah atau selai cokelat dan keju.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>