Kuliner Khas Vietnam

Penduduk Vietnam seperti rata-rata orang Asia lainnya yang memiliki figur ramping. Mewabahnya penyakit kegemukan di seluruh dunia tampaknya belum sampai ke Vietnam. Ya, itu karena negara satu ini dikenal dengan pola makannya yang menyehatkan. Sehingga ada satu lelucon dari turis Eropa bahwa mereka adalah satu-satunya orang gemuk di Vietnam.

Makanan Vietnam terkenal mengandung banyak rempah, banyak mengandung sayuran segar, dan teknik memasak yang lebih banyak memakai air atau kaldu ketimbang memakaai minyak. Rasa sedap diandalkan dari penggunaan rempah-rempah serta bumbu segar sehingga cita rasa masakan menjadi lebih fresh dan nikmat di lidah. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Vietnam yang patut anda coba.

Bo Luc Lac

Bisa dibilang ini rendang nya orang Vietnam. Bedanya ini ga pakai santan gan. Bo Luc Lac lebih mirip satai, disajikan dengan irisan tipis bawang merah dan juga potongan tomat berwarna merah dan hijau mengkal diiris tipis kemudian dilumuri saus berbumbu siraman lemon nipis yang asyem.

Canh chua

Sup ikan dan sayuran dari Vietnam yang rasanya asam, biasa dimakan sebagai teman nasi. Selain dari nanas, belimbing, atau tomat, rasa masam berasal dari asam jawa. Setelah ikan matang, tauge dimasukkan ke dalam sup. Sebelum dihidangkan, daun ketumbar ditambahkan ke dalam sup sebagai penyedap.

Goi Cuon/Cha Gio

Lumpia atau disana disebut Cha Gio (lumpia goreng) dan Goi Cuon (lumpia salad). Di makan dengan sayuran dan kuah yang rasanya bisa bikin lidah bergoyang. Isian bisa berupa Seafood.

Pho Bo

Makanan ini terbuat dari mi putih yang dipadukan dengan kuah. Bentuknya hampir mirip dengan Soto di Indonesia, namun, Pho Bo memiliki mie putih yang lebih besar, dan kuahnya pun tanpa kunyit jadi warnanya bening. Topping nya berupa taoge dan irisan daging yang diiris tipis-tipis, kesegaran kuah kaldunya begitu terasa berkat irisan daging ini. Pho Bo biasanya dihidangkan dengan lalapan, terdiri dari touge besar dan dedaunan lalap muda. Seperti umumnya soto, jeruk nipis menjadi sajian pelengkap bagi yang suka. Di Vietnam tidak ada sambal uleg, kalau ingin pedas tinggal menambahkan irisan cabai di dalamnya. Pho bo sendiri bisa dibilang merupakan baksonya orang Vietnam.

Hai San Om Voi Nuoc Sot 

Merupakan makanan khas Vietnam yang terbuat dari Seafood, seperti kepiting, udang, atau ikan yang dipadu dengan saus karamel lezat. Rasa nya membuat lidah ini dimanjakan oleh lumer manis dari karamel dan gurih dari Seafood yang digunakan.

 Hai San Ca Ri

Sama seperti saudaranya yang berbalut karamel, Hai San Ca Ri juga memakai bahan dasar Seafood. Bedanya Hai San Ca Ri memakai kuah berbumbu kari. Cita rasa kari nya begitu kuat di lidah bercampur dengan gurihnya Seafood yang digunakan.

Bap Cai Va Dua Chuot 

Salad sayuran segar yang terdiri dari kubis, irisan wortel tipis, cabe, dan mentimun segar. Makanan yang pas untuk para vegetarian.

Banh Xeo

Merupakan omelet khas Vietnam yang dibumbui dengan beragam daging seafood, tauge, bawang merah, dan saus khas yang mempunyai citarasa yang gurih dan manis.

Xoi Chien Pong

Makanan ini terbuat dari beras ketan yang digoreng. Semula adonannya kecil (kira-kira satu sendok makan) lalu digoreng hingga mengembang seperti bola yang besar. Rasanya manis dan juga lengket membuatnya menjadi kuliner enak yang harus dicoba.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>