Kopi Luwak

Luwak, atau lengkapnya musang luwak, senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak. Bahkan konon, rasa kopi luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Kemunculan kopi luwak dimulai pada masa lalu, ketika perkebunan kopi dibuka besar-besaran pada masa pemerintahan Hindia Belanda sampai dekade 1950-an, di mana saat itu masih banyak terdapat binatang luwak sejenis musang. Kemasyhuran kopi ini telah terkenal sampai luar negeri. Bahkan di Amerika Serikat, terdapat kafe atau kedai yang menjual kopi luwak (civet coffee) dengan harga yang cukup mahal. Kopi yang dikais dari kotoran luwak ini bisa mencapai harga : $160 per pon/Rp. 1.500.000 per setengah Kg. Berikut ini adalah jenis-jenis kopi yang termasuk jajaran kopi termahal dunia lainnya adalah :

Hacienda La Esmeralda – Boquete, Panama

Hacienda La Esmeralda’s Geisha tumbuh di Boquete, Panama Populer di seluruh dunia karena rasa. Hal ini dikarenakan dibudidayakan di bawah naungan pohon-pohon jambu biji tua. Anda dapat menikmati kopi dengan harga : $104 per pound/Rp 1.000.000 per setengah Kg.

Island Dari St Helena Coffee Company – St Helena

Pulau St Helena, 1.200 mil di lepas pantai Afrika adalah tempat berkembang biak bagi St Helena Coffee. Popularitasnya dimulai ketika Napoleon Bonaparte yang memuji jenis kopi tersebut, dan menaburkan benihnya di Pulau St Helena. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $79 per pound/Rp. 750.000 per setengah Kg.

El Injerto – Huehuetenango, Guatemala

Kopi jenis ini diperkenalkan oleh El Injerto di wilayah Huehuetenango, Guatemala. Dan telah meraih Piala of Excellence tahun 2006. Anda bisa mendapatkannya dengan harga : $50 per pon/Rp 470.000 per setengah Kg.

Fazenda Santa Ines – Minas Gerais, Brazil

Dinilai sebagai yang tertinggi di Sejarah Piala of Excellence, Cangkir kopi eksklusif ini tersedia di toko-toko khusus lain di seluruh dunia. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $50 per pon/Rp 470.000 per setengah Kg.

Blue Mountain – Wallenford Estate, Jamaika

Blue Mountain Jamaika dikenal dengan kualitas variabel. Hal ini sangat populer di kalangan pencinta kopi ringan karena rasa dan aroma yang kuat. Jepang mengimpor sekitar 85% dari kopi ini. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $ 49 per pon/Rp 460.000 per setengah Kg.

Los Planes – Citala, El Salvador

Tanaman Los Planes terbaik tumbuh dan dikomersialkan di El Salvador, peringkat kedua di Piala of Excellence 2006. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $40 per pon/Rp 370.000 per setengah Kg.

Kopi Kona Hawaii

Brasil memperkenalkan Inggris pohon kopi ke tanah kaya vulkanis, Kona di Hawaii pada akhir 1820-an. Iklim di tempat itu cocok untuk budidaya kopi ini. Dikenal dengan rasa nyaman dan rasa, Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $34 per pon/Rp 320.000 per setengah Kg.

Starbucks Rwanda Blue Bourbon – Gatare / Karengera, Rwanda

Starbucks menemukan biji kopi ini di Gatare dan Karengera dari kunjungan mereka ke stasiun cuci kopi di Rwanda pada tahun 2004. Sekarang, di Rwanda Blue Bourboncoffee petani menanam kacang-kacangan sebagai tanaman utama. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $24 per pon/Rp 230.000 per setengah Kg.

Selecto AA Yauco Coffee – Puerto Rico

Berasal dari wilayah Yauco, Puerto Rico kopi dikenal untuk keunggulan di seluruh dunia. Diproduksi di Pegunungan Southwestern Puerto Riko, kopi ini dihargai karena rasa ringan. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $24 per pon/Rp 230.000 per setengah Kg.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>