Makanan-Makanan Eksotis

Wisata kuliner ketika liburan tentu bukan hal aneh. Apalagi kalau kota atau negara yang kita kunjungi punya beragam menu makanan lezat. Tapi, bagaimana dengan menu ‘aneh’ yang jarang sekali dilirik sebagai makanan lezat seperti buaya atau kalajengking. Berikut ini adalah beberapa makan-makan eksotis, diantaranya :

1. Ikan buntal (Jepang)

Sebagai informasi, ikan buntal adalah vertebrata paling beracun kedua setelah katak beracun. Terodotoxin, atau racun ikan buntal, bisa ditemukan pada rahim, hati dan daging hewan tersebut. Jika racun itu termakan, konon bisa menyebabkan muntah, lumpuh bahkan kematian. Tidak heran, menu ikan buntal atau fugu hanya disajikan di beberapa tempat terpilih, di mana kokinya harus memiliki sertifikat khusus untuk memasak ikan buntal.

2. Buaya (Louisiana, Amerika Serikat)

Tidak pernah terbayang sebelumnya kalau hewan menyeramkan seperti buaya bisa disajikan di atas piring kamu. Tapi, bagi masyarakat Louisiana, menu ini lazim untuk dikonsumsi.

3. Ubur-ubur (Jepang)

Makhluk laut kecil ini sudah ada sejak 500 tahun lalu. Meskipun terlihat lucu, tapi ubur-ubur bisa mengeluarkan racun syaraf yang berfungsi sebagai pertahanan diri sekaligus melumpuhkan mangsanya. Walaupun sengatan mereka tidak berakibat fatal untuk manusia, tapi rasanya sangat sakit. Biasanya, ubur-ubur akan disajikan bersama sayuran dan cuka dalam salad setelah melewati proses persiapan cukup panjang.

4. Kalajengking (Cina)

Kalajengking selalu diasosiasikan dengan serangga beracun mengerikan. Tapi, kalau kamu mencoba masakan kalajengking goreng, konon rasanya hampir mirip dengan daging ayam.

5. Piranha (Amazon)

Dikenal sebagai ikan pemakan daging dengan gigi sangat tajam, hewan yang berasal dari pedalaman Amerika Selatan ini bahkan bisa memakan sapi hingga tulang-tulangnya. Meski begitu, warga lokal Amazon senang memasak ikan piranha dengan daun pisang, atau merebusnya dalam kuah sup.

6. Tarantula (Kamboja)

Seperti halnya kalajengking, tarantula juga biasanya dihindari manusia karena bentuknya yang mengerikan. Apalagi mereka juga dikenal memiliki racun yang membahayakan. Mungkin kalau disajikan dalam bentuk sate dan saus tomat mereka akan terlihat jauh lebih jinak.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>