Laksamana Mengamuk

Pertama kali mendengar namanya pasti banyak yang bingung, jenis kuliner macam apa ini kok aneh banget namanya. Laksamana mengamuk adalah salah satu kudapan atau minuman khas riau yang konon lahir karena adanya kemarahan seorang laksamana pada zaman dahulu. Salah satu minuman khas riau ini sangat mudah kita jumpai di riau terutama terutama saat bulan ramadhan. tetapi saat selain ramadhan juga masih mudah kita temukan, jadi ga usah nunggu ramadhan untuk bisa menikmati kesegaran laksamana mengamuk ini.

Kini untuk menambah kesegaran laksamana mengamuk, di tambahkan es pada penyajiannya. untuk itu kini minuman khas riau ini banyak disebut dengan es laksamana mengamuk. jadi setelah kita menyantap bacah daging yang juga khas riau kita juga harus mencoba es laksamana mengamuk ini. Sangat mudah membuat minuman ini karena bahan yang di gunakan dan cara membuatnya sangatlah simpel. kita hanya memerlukan mangga kweni sebagai bahan dasar serta gula dan vanili untuk bahan sirupnya.

Nama minuman ini memang terbilang cukup unik dan tak biasa, terutama bagi mereka yang pertama kali mendengarnya. Kita pun dibuat bertanya-tanya tentang makna di balik nama minuman tersebut. Konon, dahulu ada seorang laksamana yang mengamuk di sebuah kebun kuwini – sejenis mangga yang memiliki daging buah yang lembut dan aroma yang harum. Ia mengamuk lantaran istrinya dibawa kabur oleh pemiliki kebun tersebut. Untuk melampiaskan amarahnya, sang laksamana pun menghempaskan pedangnya ke segala arah. Akibatnya, puluhan kuwini pun jatuh ke tanah dan rusak.

Sehabis menuntaskan semua amarahnya, sang laksamana pun pulang ke rumahnya. Warga yang kala itu takut melihat kemarahan sang laksamana tak berani mendekat. Lalu setelah ia pergi, para warga berbondong-bondong mengumpulkan puluhan kuwini yang jatuh ke tanah. Pada awalnya, mereka sempat bingung mengenai akan diapakan semua kuwini yang telah kumpulkan. Akhirnya, seorang wanita mencampurkan potongan-potongan buah kuwini itu dengan santan dan gula. Kemudia minuman itu dibagikan untuk warga sekampung.

Kini, laksamana mengamuk menjadi minuman khas yang sering disajikan pada acara perjamuan, buka puasa, dan perayaan hari besar lainnya. Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi kenikmatan kuwini asli Riau yang dipadu dengan legitnya santan dan gula, minuman ini bisa dijumpai di berbagai rumah makan atau restoran khas Melayu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>