Segarnya Sup Iga Bebalung

Tampilan Sup Iga Bebalung mungkin sekilas sama dengan masakan sop pada umumnya, berkuah agak bening. Tapi, ketika sudah mencicipi, bebalung rasanya gurih dan lezat. Tersajikan tulang iga beserta dagingnya yang lunak digigit membuat semua kalangan dan semua umur menyukainya. Sedangkan bagi yang gemar dengan rasa pedas, bisa menambahkan sambal secukupnya.

Pertama kali mendengar kata “bebalung”, pikiran kita mesti akan mengasosiasikan dengan tulang. Memang tidak salah. Asal muasal masakan tradisional ini tidak diketahui secara pasti. Tapi bebalung diyakini oleh masyarakat Sasak sudah sejak jaman dulu sebagai warisan kuliner turun-temurun. Namun, terkait dengan makanan tradisional khas Lombok ini, arti “bebalung” tidak sekedar tulang. Sebab, bebalung menurut bahasa Sasak juga bisa berarti tenaga. Karena itu, masyarakat setempat meyakininya bahwa setelah makan bebalung akan semakin bertenaga,dan menumbuhkan vitalitas.

Umumnya Bebalung menjadi menu wajib dalam tiap hajatan warga setempat dan merupakan salah satu kuliner yang enak. Bebalung sendiri biasanya diambil dari tulang, daging atau bagian iga sapi muda. Sepintas dari warna kuah sup-nya banyak yang mengira rasa Bebalung tidak jauh berbeda dengan gule tapi ternyata tidak. Mungkin dikarenakan bumbu Bebalung yang sedikit berbeda, dengan menggunakan lengkuas, tangkai buah asam, cabai hijau, serta daun melinjo sebagai campurannya, sehingga membuat Bebalung memiliki rasa yang khas dan tidak biasa.

Walaupun disebut sebagai sup tulang iga sapi tapi anda tidak melulu disuguhi tulang dalam tiap porsi-nya. Sup-nya pun sedikit berbeda dari sup tulang iga biasa. Bahkan ada salah satu depot makan yang cukup dikenal meracik Bebalung. Dengan keistimewaannya membuat menu Bebalung sajian mereka terkenal karena dagingnya sangat lunak sehingga tanpa gigitan yang kuat, dagingnya mudah lepas dari tulang. Bersiaplah dengan antrean super panjang karena depot ini cukup ramai terlebih saat jam makan siang.

Penyajian bebalung biasanya dengan mangkok dan ditaburi bawang merah goreng berikut nasi putih. Bagi yang suka pedas dapat juga ditambah sambal. Masakan ini sangat nikmat dihidangkan ketika masih panas. Meski bebalung sebelumnya hanya untuk hidangan ketika masyarakat Lombok menggelar hajatan, tapi kini sudah berkembang dan menjadi salah satu menu di rumah makan karena menu masakan ini ternyata sangat digemari wisatawan yang berkunjung ke Lombok selain menu Ayam Taliwang, Pelecing Kangkung, serta segarnya Es Kelapa Muda Madu Kristal.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>