Kue ka’ak

Jangan salah ternyata, jamu ada juga loh di negeri Onta atau Arab ini namun jangan kamu mikir kalau jamu dari arab adalah serangkaian minuman pait yang gak enak banget. Di arab ada jajanan tradisional yang enaknya tiada tara namun dapat berfunsi seperti jamu yaitu kue ka’ak.

Jadi Jajanan Tradisional itu bernama Ka’ak yang berasal dari arab dan sudah cukup di kenal di indonesia. Kue Ka’ak ini terbuat dari adalah jahe, kayu manis, pala, merica, cengkih, kapulaga, adas, madu, telur ayam kampung, gula, tepung terigu, koya halus, minyak samin, mentega dan jinten hitam. Bumbu-bumbu Ka’ak biasanya lumrah sebagai bahan jamu atau sebagai bahan untuk pengobatan tradisional maka dari itu kue Ka’ak dapat di bilang sebagai kue jamu dari Arab.

Kue Ka’ak ini bentuknya seperti kue kookies yang renyah dan nikmat, namun kue Ka’ak juga dapat di buat menjadi sebuah roti yang lembut. Roti Ka’ak yang lembut biasanya hanya di tambahkan soda kue agar mengembang, dan dapat anda santap dengen pendamping yaitu kopi jahe hangat.

Namun sayang pembuatan kue ini tergolong langka bahkan di kalangan penduduk arab di indonesia. Hal ini di karenakan bahan-bahan kue Ka’ak ini yang tergolong mahal, apa lagi membuat kue ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Walau begitu di Bondowoso kue khas Arab ini sangat di senangi dan masih cukup banyaknya warga keturunan arab yang membuat bahkan warga pribuminya sendiri membuat kue ini. Jadi jika kamu mampir ke Bondowoso mungkin Ka’ak bisa kamu coba sebagai wisata kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>